2012/10/18 ekoikhyar <ekoikhyar@fedoraproject.org>


Pada 18 Oktober 2012 15:59, Prima Yogi Loviniltra <jurankdankkal@fedoraproject.org> menulis:

Greetings,

Apa kabar Fedorians?
Baik :)
Mohon maaf atas vakum saya bbrp waktu ini krn kesibukan dunia nyata, tetapi saya selalu mencoba memantau trs perkembangan.

Ada beberapa point yang ingin saya bahas di milis ini :
  1. Sesuai dengan tujuan awal kita menghadiri ILC 2012 untuk membahas masa depan Fedora Indonesia yang saat ini masih terbagi menjadi dua dan tidak bisa untuk bekerjasama menjadi satu team, hal tsb akan menghamabat kita untuk berinovasi.
    Nah oleh karena itu saya mempunyai rencana mengundang semua Fedora Kontributor dan Pengguna se Indonesia untuk kita mengadakan satu rapat yang membahas lebih lanjut mengenai masalah ini, untuk itu saya meminta saran dan kritikan dari teman2 mengenai hal ini?
Kalau masalah dualisme ini, seperti yang dulu2 pernah kita rundingkan dengen beberapa ambassador pun tidak mendapatkan hasil, saya lebih memilih untuk berkontribusi dan menyebut id.fedoracommunity suported by FedoraProject & RedHat, ada kekhawatiran saya terhadap memakasakan menyatukan yang saya sebut kubu ini, jangan karena kita terpaku ke masalah tersebut sehingga kita lupa apa tujuan pokok kita, yaitu kontribusi.

pandangan saya yang pernah saya utarakan ke sentabi di sela2 ILC kemarin adalah biarlah masalah ini tetap berlanjut karena ini lah kenyataan, kita tetap saja yakin kan bahwa memang id.fedoracommunity.org sponsored by RedHat dan fedora.or.id tidak!! itu kata kasar nya, krena memang tidak sesuai dengan TradeMarkGuidlines

jika ada ide lain, silahkan kita rundingkan lagi, karena usaha mediasi kita dulu sudah gagal, krena tidak ada point yg bisa disatukan dalam artian - sudah ALOT kata orang jawa :))
Setuju dengan bang Eko, akhir dari mediasi selalu kita harus yang "dilebur" dan mengikuti mereka. Dan yang paling penting adalah kontribusi ke Fedora Project.
  1. Dan sesuai dari hasil pertemuan kita saat FAD Padang 2012, yang kita (Fedora Indonesia) untuk mengikuti Bid FUDCon agar dapat menjadi host FUDCon tahun depan, kita telah mengadakan meeting internal untuk Fedora Indonesia Regional Sumatra Barat dan bbrp kontributor lainnya dan berikut hasilnya https://fedoraproject.org/wiki/FUDCon:Bid_for_Indonesia_2013.
    Tetapi masalah yang kita hadapi adalah masalah transporatasi mahalnya untuk para peserta dari luar negri mengakses Padang (yang akan menjadi planning tempat di adakannya FUDCon 2013), apakah ada solusi untuk hal ini?
Apakah teman2 punya plan lain? (tempat lain yg lebih terjangkau dari luar negeri) iya..yah.. mahal banget :D
Mungkin teman-teman di Padang yang lebih tahu bagaimana keadaan disana. Mungkinkah mencari tempat lain yang lebih mudah dijangkau dan lebih murah transportnya. :)

Sebenarnya bahasan soal ini kemarin sempat disinggung saat meeting Ambassadors, tapi karena sdr. Prima tidak hadir dan saya tidak tahu benar bagaimana rencananya. Jadinya tidak jadi dibahas.
  1. Masalah mengenai sebanyak 200 keping CD Fedora 17 yang kita request dari Red Hat Singapore yang bertujuan awal untuk di gunakan saat FAD Padang 2012 lalu, tetapi karena izin imprt, Kementrian Perindustrian menyita CD tsb, apa ada masukan kira2 mengenai hal ini?
 Waduh ... urusan sama birokrasi inih :D saya gak punya teman di instansi pemerintah apa lagi cukai. cuman saran saja, lebih baik bersurat (surat resmi) ke kantor bea cukai setempat dan minta recomendasi dan jelaskan apa adanya, saran bisa minta ke BEM kampus untuk mengatas namakan, kalau CD berikut murni untuk kegiatan OpenSource dan pembelajaran, alias non profit untuk pendidikan, cuman sekedar saran.
Mungkin saat kita mau minta itu CD, petugasnya bilang "Wani piro?" :D
Tapi tidak ada salahnya saran dari bang Eko dicoba :)

Saya ada bahasan lain mengenai KFI:
*Bagaimana jika grup FB regional SUMBAR kita ubah menjadi grup FB KFI?
Bahan pertimbangan:
*Karena grup FB regional SUMBAR saat ini mungkin adalah grup Fedora ter-aktif dan terbanyak membernya yang juga merupakan kontributor di Fedora Project.
*Karena KFI belum mempunyai grup FB, dulu mau membuat tapi waktu itu masih berharap bisa bergabung dengan grup FB fedora.or.id tapi nyatanya sudah dijelaskan diatas.
*Karena sebagian besar orang Indonesia mempunyai akun FB. Namun hal ini tidak merubah bahwa setiap informasi seharusnya juga terlampir di milis karena milis lebih mempunyai cakupan yang luas. Setiap orang yang punya akun FB pasti punya email, tapi orang yang punya email belum tentu punya akun FB.
*Jika membayangkan jika setiap daerah membuat regional sendiri nanti malahan kontribusinya tidak teroganisir satu sama lain.
*Jika ada suatu daerah yang hanya mempunyai beberapa kontributor, masa mereka mau membuat grup sendiri juga.
*Melengkapi akun Social Network kita, twitter sudah, Google + sudah, Identica sudah.

Itulah ide dan pandangan tambahan dari saya, jika ada tambahan, koreksi atau apapun. Saya terbuka :)




--
Best Regards,

PRIMA YOGI LOVINILTRA
(jurankdankkal)
Fedora Project Contributor & Ambassador (Malaysia & Indonesia)
GPG key ID: 4D7DA21A7A961A3A

Twitter/FB/G+: @Loviniltra
Mobile Phone: (6)016 640 0385
Wiki: http://fedoraproject.org/wiki/User:Jurankdankkal
Blog: 
http://loviniltra.com/


_______________________________________________
Milis Komunitas Fedora Indonesia
id-community@lists.fedoraproject.org
https://admin.fedoraproject.org/mailman/listinfo/id-community



--
==Fedora Project==
Regards,
ekoikhyar

_______________________________________________
Milis Komunitas Fedora Indonesia
id-community@lists.fedoraproject.org
https://admin.fedoraproject.org/mailman/listinfo/id-community