Wah, lama gak liat milis n jalan-jalan ke komunitas yg ini ...

Info di wiki ttg Local Community Domain itu sebenarnya sudah banyak yg usang, tidak lagi mencerminkan kondisi terkini. 
Kalau mengikuti riwayat fedora dari awal bakal tau kok, gimana awalnya fedoracommunity.org (fc.o) terbentuk, kemudian perubahan apa yg terjadi, dst.
fc.o ini disediakan oleh fedoraproject sebagai wadah unt komunitas unt membedakan dg offcial content yg ada di fedoraproject.org (fp.o).
Kurang lebih seperti ini perbedaannya:
- redhat.com, konten yg ada di dalamnya menjadi tanggung jawab sepenuhnya red hat
- fedoraproject.org, redhat tdk bertanggung jawab terhadap konten yg ada di dalamnya tapi menjadi tanggung jawab komunitas fedora (dlm hal ini diawasi langsung oleh fedora board)
- fedoracommunity.org, jgnkan redhat, komunitas fedora (fedora board) pun tdk bertanggung terhadap keseluruhan isi konten situs ini. mereka hanya bertanggung jawab unt portalnya, sementara konten yg ada di subdomain (masing-masing regional) sudah tentu bukan tanggung jawab mereka, tapi menjadi tanggung jawab masing-masing regional.

Apakah boleh kita membuat situs dengan domain fedora.blah tanpa izin dari fedora board ? Boleh saja. Silakan dilihat di Panduan Merk Dagang Fedora [1] terutama di bagian "Usage That Does Not Require Permission" dan "Community websites".

Sependek pengalaman saya, red hat atau fedora itu bukan termasuk perusahaan/komunitas yg "galak" terhadap merk dagang/paten/dsb.
Selama itu tidak disalahgunakan, mereka gak bakalan mempermasalahkan. Itu yg dari dulu saya suka dari redhat (sama seperti google).
Yang lebih mereka pentingkan, ayo perbanyak kontribusi bukan ribut-ribut ngurusi hal gak penting kayak gini.
Perusahaan seperti redhat atau google, mendaftarkan merk dagang/paten bukan unt menyerang, tapi unt melindungi diri. (Beda dg perusahaan tetangga yg mematenkan sesuatu unt tuntut sana tuntut sini)

Tapi ah sudahlah, kalau memang domain fedora.web.id ini sudah tidak mau dipakai, ya sudah.
Nanti saya ambil lagi saja, supaya bisa dimanfaatkan unt yg lain.

ps.
- mumpung ingat, di situs KFI seharusnya ada disclaimer yg menyatakan konten di situs ini menjadi tanggung jawab kfi, bukan fedoraproject, bukan redhat, dst
- Komunitas Fedora Malaysia punya fedora.my, Taiwan punya fedora.tw, Jepang punya fedorasrv.com, Jerman punya fedorausers.de, Spanyol punya fedora-es.com, Perancis punya fedora-fr.org, Italy punya fedoraonline.it, Moldova punya fedoramd.org, Belanda punya fedora-linux.nl, Ceko punya fedora.cz, Tunisia punya fedora-tunisia.org, Polandia punya fedora.pl, Rumania punya fedoraproject.ro, dsb dsb

[1] https://fedoraproject.org/wiki/Legal:Trademark_guidelines



Pada 5 September 2013 23.54, Arif Tri Waluyo <arifiauo@gmail.com> menulis:
Sebenarnya saya sendiri memang tidak tahu kenapa pindah domain ke fedora.web.id jadi jika ada yang tahu, tolong saya dikasih tahu. Mengenai tindakan saya yang merubah kembali ke id.fedoracommunity.org adalah berdasarkan peraturan Local community domains [1]. Sekarang saya tanya, apakah sudah ada Trademark license agreement dengan pihak RedHat mengenai pemakaian domain fedora.web.id?

1. http://fedoraproject.org/wiki/Local_community_domains

_______________________________________________
Milis Komunitas Fedora Indonesia
id-community@lists.fedoraproject.org
https://admin.fedoraproject.org/mailman/listinfo/id-community



--
[ dheche ]